Friday 26 February 2010

Ingin Jago Ngetik SMS Ala Remaja, Coba Mesin Teks Alay Ini

teks alayAnda mungkin pernah kesal karena kesulitan memahami pesan pendek atau SMS yang dikirim oleh anak remaja ataupun pacar dan teman-teman. Kesulitan itu bukan disebabkan oleh bahasa asing melainkan tulisan yang menggunakan campuran huruf kecil dan besar, angka-angka, dan singkatan yang tidak umum digunakan.

Misalnya SMS seperti ini, “hl, kMU l6 n6pn? jln-jln yuk, sy lg1 b53n Nh d rUmH”. Artinya, “halo, kamu lagi ngapain? Jalan-jalan yuk, saya lagi bosen nih di rumah.”

SMS macam contoh tadi masih tergolong sedikit mudah dipahami karena tidak dipadu dengan simbol-simbol lain. Untuk menyesuaikan dengan pengirim SMS, biasanya akan dijawab seperti ini, “W 9Hy D! HuMZzZ. m kM@n4?” Artinya, “Gue lagi di rumah. Mau kemana?”

Ketikan semacam itu, banyak digunakan anak-anak remaja yang sering disebut Anak Baru Gede (ABG). Mereka, pengguna bahasa dan ketikan seperti ini, biasanya disebut Alay. Dari penelusuran di www.google.com, kata Alay biasanya juga disematkan pada remaja-remaja dengan gaya rambut dan fashion yang nyentrik dan menyimpang dari mode yang ada.

Kebiasaan para Alay ini memunculkan ide kreatif beberapa orang. Salah satunya seperti dilakukan pemilik blog http://xenoposeidon.blogspot.com/ dengan membuat situs pengalih teks normal menjadi teks Alay. Alamat situsnya di http://alaygenerator.co.cc/

Pada situs yang dinamai Alay Text Generation itu, pemiliknya menulis “Generator buat bikin tulisan buat orang-orang alay yang menyebalkan. Skript sederhana ini dapat digunakan untuk membuat teks ALAY yang susah diketik oleh manusia biasa.”

Anda bisa memasukkan teks pada kolom teks normal, lalu mencontreng HuRUf bEsAr keCil, P4k3 4n9k4 D0n9, Disngkt-sngkt biar pndk. Tiga pilihan itu bisa dipilih salah satu, atau bisa dipilih semuanya, lalu tinggal klik Go Alay Go! Hasilnya akan muncul di kotak Teks ALAY dalam bentuk yang diinginkan. Sayangnya, fasilitas ini belum bisa digunakan untuk sebaliknya, mengalihkan teks alay menjadi teks normal.
Jika ingin kamus sederhana tentang ketikan alay ini, Muhammad Ridha, pemilik blog http://m-ridha.com/ pernah menuliskannya di sini. Selain menyusun kamus sederhana berisi beberapa kata yang biasanya digunakan para alay, Ridha juga menulis simbol-simbol alay untuk pengganti huruf dari A sampai Z.
Selamat mencoba dan semoga pusingnya berkurang membaca teks alay.

Sumber : www.tempointeraktif.com

No comments:

Post a Comment