Tuesday 16 March 2010

Cara Gampang Nge-webblog

Seiring pesatnya perkembangan informasi dan teknologi (IT), masyarakat saat ini tidak dapat di pisahkan dengan internet. Kita bisa melakukan akses apapun dengan internet, melakukan bisnis secara online, iklan, entertaiment, pembelajaran, mencari relasi dan masih banyak hal yang dapat di eksplore menggunakan internet.

Situs ataupun websites yang banyak hadir di media internet, merupakan jembatan penting antara user dengan beragam kebutuhan yang di tawarkan internet. Memiliki websites atau situs pribadi memungkinkan kita untuk dapat mengelola informasi sesuai yang kebutuhan. Untuk bisnis, menawarkan produk, share ilmu, atau sekadar menuangkan pikiran dan memperkenalkan diri ke orang lain.

Melihat potensi yang besar dari sebuah situs, saat ini banyak orang menginginkan membuat dan memilik websites pribadi. Untuk dapat membangun dan memiliki website pribadi ada beragam cara. Yaitu dengan berlangganan webhosting, bisa juga memanfaatkan web hosting yang free, mendaftarkan domain, hingga berlangganan domain.

Namun seiring bertambahnya kebutuhan pengguna internet karena dukungan pesatnya perkembangan IT, seorang pemula yang belum pernah belajar progam web dan jaringan komputer bisa membuat dan memiliki situs atau websites pribadi.

Web pribadi yang dapat di buat secara mudah dan gratis tak lepas dari usaha para developer web dan provider domain gratis membuat inovasi baru. Yaitu sebuah weblog atau blog yang merupakan aplikasi web yang telah dikemas, sehingga memudahkan pemilik web untuk mengelolanya dengan menggunakan tools dan fasilitas yang telah disediakan sehingga mempermudah para pemula dan pengguna internet memiliki situs pribadi secara mudah dan dapat di lihat banyak orang.

Dengan demikian bila Anda pengguna internet atau pemula yang awam bisa, memulai membuat web dengan mencoba mengutak-atik dan memanfaatkan fasilitas dari provider blog yang saat ini beragam jenis dan tipenya. Blog yang sering digunakan terutama di Indonesia adalah www.blogger.com, wordpress.com, dan blogsome.com.

Tiap provider blog gratis, tak dapat secara mutlak dibandingkan mana yang terbaik karena tiap provider blog memiliki kelebihan masing-masing yang ditonjolkan. Blogger.com merupakan salah satu situs free blog yang besar karena merupakan media blog yang pertama kali memopulerkan weblog.
Blogger saat ini telah diakuisisi oleh Google dan semenjak itu pengembangan dilakukan secara berkala dan banyak menghasilkan aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka (open source). Dan yang berarti Anda dapat lebih fleksibel dan bebas mengustom baik tampilan, model dan pernak-pernik yang ada pada blog pribadi.

Bagaimana memulai membuat blog? Itu mudah. Pertama Anda harus memiliki email, di mana nantinya email tersebut akan digunakan untuk mengirimkan password dan beberapa keterangan berkaitan dengan registrasi yang Anda lakukan pada blogger.com. Anda bisa menggunakan dan jika belum memiliki bisa membuat email gratisan seperti yahoo atau google.

Bila sudah memiliki email, Anda dapat langsung membuka situs blogger.com. Di situs blogger.com dapat dilihat bahwa untuk membuat blog ada 3 langkah yang harus dilalui:

Pertama - yang harus dilakukan adalah klik tanda panah merah besar yang ada di sisi sebelah kanan web. Jika sebelumnya Anda telah memiliki email dari domain google seperti contoh email_anda@gmail.com, maka pada sisi kanan atas Anda dapat memulai blog dengan mengisi alamat email gmail dan passwordnya.

Bagi Anda yang menggunakan email selain gmail, seperti yahoo, plasa, hotmail dsb, bisa mulai mengisi form yang telah di sediakan setelah tadi mengklik tanda panah merah yang ada di sisi kanan web. Isi dengan lengkap point-point seperti alamat email, password, nama tampilan, verifikasi kata dan centang penerimaan persyaratan, di mana isi persyaratan dapat dibaca dengan mengklik tulisan berwarna biru yang ada dalam form tersebut secara lengkap sesuai petunjuk yang ada. Setelah diisi lengkap klik tulisan yang ada pada tanda panah merah di kanan bawah.

Kedua - Jika tahap pertama selesai maka langkah kedua adalah membuat nama blog dan alamat blog sesuai keinginan Anda. Abaikan saja opsi lanjutan yang ada di bawahnya, setelah selesai klik tanda panah merah yang ada di kanan bawah.

Ketiga - Langkah terakhir yaitu memilih template yang merupakan tampilan atau layout dari blog yang Anda gunakan nantinya. Setelah selesai memilih, klik tanda panah merahnya. Begitu langkah ketiga selesai dilakukan, kini Anda telah memiliki sebuah blog pribadi yang dapat digunakan sesuai kebutuhan. Selamat mencoba.

Sumber : Koran Surya

No comments:

Post a Comment