Thursday 29 December 2011

Memulihkan Utilitas Administrator Windows yang Di-disable Malware


Salah satu aksi yang sering dilakukan malware dalam serangannya adalah menyembunyikan dan menonaktifkan utilitas-utilitas administasi sistem operasi Windows seperti: Regedit, Task Manager, Run, Control Panel,System Restore, dan lainnya.

Dulu, kami pernah menyarankan penggunaan aplikasi RRT (Remove Restriction Tool) karya Sergiwa untuk mengatasi masalah tersebut, namun ternyata kini aplikasi tersebut telah berubah menjadi berbayar. Di dalam InfoKomputer edisi cetak beberapa bulan yang lalu, kami juga pernah membahas aplikasi freeware karya Marco Alam (http://t68kv.multiply.com) bernama Ampaw Smasher X untuk mengatasi masalah ini.

Kali ini, kami menemukan aplikasi serupa yang juga cukup ampuh untuk mengembalikan utilitas-utilitas administrasi sistem Windows yang di-disable, bernama Re-Enable.Aplikasi karya TangoMouse (www.tangosoft.co.uk) ini memerlukan prasyarat instalasi .NET2. Paket berkas instalasinya tersedia dalam 2 jenis: reguler (memerlukan .NET2) dan portabel (tidak perlu diinstal dan tidak perlu .NET2).

Kemampuan perbaikan lain yang dimiliki oleh Re-Enable, antara lain adalah: Safe Mode Restore, Delete Autorun.Inf, Repair Desktop, serta UnHide Drives.

Silakan dieksplorasi lebih jauh.

Sumber : www.tabloidpcplus.com (Vincent Bayu Tapa Brata)

No comments:

Post a Comment