Sunday 16 December 2012

Cara Mengusir Kecemasan Pria Saat Bercinta


Kecemasan terhadap kinerja seksual adalah salah satu masalah yang menghambat kehidupan seks dan lebih sering terjadi pada pria. Hal ini mungkin serupa dengan kecemasan biasa, tetapi kecemasan terhadap kinerja seksual lebih mengganggu hubungan seksual.

Seorang pria yang terlalu menekankan pada hasil akhir, kinerja, dan kekhawatirannya mengenai hal tersebut mungkin mengembangkan kecemasan kinerja seksual. Berbeda dengan pria, wanita melihat seks sebagai sarana untuk membangun kedekatan dan keintiman dalam suatu hubungan, sehingga wanita tidak akan mengalami kecemasan atas kinerja seksual.

Sebaliknya, beberapa pria menganggap aktivitas seksual sebagai ujian untuk membuktikan kejantanannya. Untuk mengatasi kecemasan kinerja, pria harus mengubah mindset-nya dan harus menyadari bahwa seks bukanlah tentang melakukan, memenuhi tenggat waktu atau telah sesuai dengan standarnya.

Seperti dilansir onlymyhealth, Kamis (13/12/2012), pria perlu melakukan 4 hal ini agar mampu mengatasi kecemasan kinerja seksualnya:

Atasi stres
Seringkali kecemasan atau stres oleh masalah eksternal di luar hubungan suami istri dapat menyebabkan kecemasan kinerja seksual. Mungkin juga akibat stres yang dirasakan tubuh akibat konsumsi alkohol atau kopi yang berlebihan, atau paparan nikoton rokok.

Cobalah tetap tenang dalam menghadapi situasi stres dan memilah-milah stres dengan melakukan perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat agar kehidupan seks tidak ikut terganggu.

Jangan terlalu memaksa
Apa yang Anda pikirkan memiliki kaitan yang erat dengan aktivitas seksual. Jika pikiran tidak bersedia untuk menikmati aktivitas seksual, kecemasan kinerja akan semakin menjauhkan diri Anda dari seks yang berkualitas.

Sikap yang tepat adalah kunci untuk mengatasi kecemasan kinerja selama seks. Pria membutuhkan kepercayaan diri yang merupakan prasyarat untuk menikmati seks. Selain itu, alih-alih berusaha dengan keras agar seks dapat memuaskan pasangan, Anda harus mencoba untuk membiarkannya mengalir dengan alami.

Santai dalam menghadapi seks
Jangan menyalahkan diri sendiri jika sesuatu tidak berjalan seperti yang diinginkan. Aktivitas seksual diatur oleh pikiran bawah sadar, sehingga usahakan agar badan tetap rileks ketika melakukan hubungan seksual. Pria dapat memuaskan pasangan dengan mudah jika dirinya merasa nyaman. Tetap santai dan tidak tergesa-gesa, tapi menikmati suasana bercinta.

Anda dan partner
Kecemasan saat berhubungan seks mungkin juga timbul karena rasa tidak nyaman dari pasangan. Oleh karena itu, Anda dan pasangan perlu mengatasi kecemasan kinerja seksual sebelum terlibat dalam setiap aktivitas seksual.

Selain itu, jangan memaksakan untuk melakukan seks jika kedua belah pihak masih diliputi kecemasan. Anda dapat membuat pasangan merasa nyaman dalam berbagai cara seperti dengan saling membelai, menyentuh dan berpelukan. Gerakan ini membantu Anda agar dapat meningkatkan kualitas komunikasi dengan pasangan yang dapat memberikan kenyamanan.

Sumber : health.detik.com

No comments:

Post a Comment