Monday 10 December 2012

Kunyit menguatkan daya ingat


Kunyit (Curcuma domestica) dikenal luas sebagai rimpang multi khasiat. Menurut hasil penelitian yang telah dilakukan pada 1010 orang berusia 60-93 tahun oleh Dr.Tze Pin Ng dari Universitas Nasional Singapura pada tahun 2003, mereka yang rajin mengkonsumsi tanaman ini memiliki daya ingat yang lebih tinggi daripada mereka yang jarang atau tidak pernah sama sekali mengkonsumsinya. 

Kurkumin dalam tepung kunyit ini berkhasiat meningkatkan sistem imunitas tubuh dan mencegah penurunan kemampuan kognitif otak. Tapi, penggunaan yang berlebihan pada orang berusia lanjut juga dapat menimbulkan efek sakit perut, gangguan hati atau ginjal.

Hm, tak perlu berpanjang lebar lagi, berikut penulis sajikan aneka resep kunyit untuk mengatasi berbagai penyakit :

Perut kembung, mual, nyeri : 
Bersihkan kunyit segar kira-kira 50 gr, dan parut. 
Tambahkan 3 sendok air, lalu aduk hingga merata. Setelah itu, peras dan saring. Minum untuk 3 kali.

Keputihan : 
Kupas dan parutlah rimpang kunyit sebesar ibu jari yang cukup tua. Tambahkan 3/4 cangkir larutan air asam dan gula jawa, aduk hingga merata. Kemudian peras dengan menggunakan sepotong kain, lalu minum. Lakukan tiap hari.

Tekanan darah tinggi : 
Kunyit sebesar 1/2 jari diparut, tambahkan 1 sendok makan madu, lalu diperas. Minum 2-3 kali sehari.

Demam : 
Sekitar 20 gr kunyit segar diparut, tambahkan 1/2 gelas air matang. Aduk hingga merata, lalu peras dengan sepotong kain. Minum 2 kali sehari.

Terlambat haid : 
Rimpang kunyit dan daun sri gading, masing-masing 15 gr, biji pala dan kapulaga 10 gr, ketumbar, jinten hitam dan cengkeh masing-masing 5 gr, dipotong-potong seperlunya lalu direbus dengan 3 gelas air, sampai tersisa 1 gelas. Lalu saring, dan bagi untuk 3 kali minum.

Radang gusi : 
Ambil 1/2 jari kunyit lalu dicuci dan diiris tipis-tipis. Rebus dengan 2 gelas air dan 3 potong gambir. Rebus hingga tersisa kira-kira 1 gelas. Gunakan untuk kumur-kumur. Lakukan 3-4 kali sehari.

No comments:

Post a Comment