Wednesday 5 December 2012

Manfaat Merica

Bumbu rempah-rempah khas Indonesia ini memiliki segudang manfaat. Untuk makanan, merica menambah rasa pedas yang sekaligus juga menghangatkan tubuh. Tidak heran bila merica mampu menyembuhkan sakit flu Anda, mendetoksi kulit, dan melawan penyakit kanker.

Senyawa kimia yang terkandung dalam merica, piperine, kemungkinan dapat mencegah perkembangan tumor menjadi kanker payudara. Demikian dikatakan peneliti di pusat studi kanker di Universitas Michigan. Piperine ini akan bertambah fungsinya jika dipadukan dengan kunyit.

Merica disebut juga penjinak sakit flu. Menurut Profesor dr Neil Schacter dari Sekolah Kedokteran Mt Sinai, New York, merica mengandung bahan kimia yang menimbulkan iritasi pada membran mukosa atau ingus. Sehingga ingus yang kental menjadi cair dan membantu membersihkan saluran hidung dan membuat lega orang bernafas.

Caranya, tambahkan sejumput merica ke semangkuk sup ayam. Makan selagi hangat, tak lama hidung yang tersumbat ingus menjadi bebas. Plong rasanya!
Kulit halus juga dapat diperoleh dari tumbukan kasar merica yang digunakan untuk membersihkan kulit wajah. 

Butiran tumbukan merica tersebut menstimulasi sirkulasi darah untuk mengirim lebih banyak oksigen dan nutrisi ke permukaan kulit Anda. Dan butiran tersebut membantu pengelupasan sel kulit mati.

Buat bahan scrub sendiri di rumah dengan mencampur secangkir gula, separo cangkir minyak massage, enam tetes essential oil beraroma jeruk, dan sejumput merica tumbuk. Aduk memakai sendok dan gosokkan bahan tersebut di kulit basah usai mandi. Kemudian basuh dengan air bersih dan kulit pun menjadi lebih halus bebas kotoran.


Sumber : surabaya.tribunnews.com

No comments:

Post a Comment